July 24, 2011

Fitur-Fitur Google+

Pada postingan sebelumnya sudah saya sampaikan bahwa saat ini Google telah meluncurkan produk barunya yang dinamakan Google+ (plus), dan upaya untuk memenuhi janji saya maka saya akan membahas mengenai Google+ lebih jauh. Kali ini saya akan mencoba membandingkan beberapa fitur yang dimiliki oleh Google+ dengan fitur yang ada dalam Facebook yang sudah tentu tidak asing lagi bagi kalian semua.


Circles
Dengan circles (lingkaran) anda dapat menambahkan teman dan mengelompokkannya berdasarkan kesamaan hobi atau yang lainnya. Perbedaan utama circles dengan daftar teman dalam facebook adalah anda dapat mengatur untuk memperlihatkan atau menyembunyikan posting anda kepada kelompok teman tertentu. Hal ini tentu berbeda dengan facebook dimana status yang anda posting dapat dilihat oleh semua teman bukan hanya nama-nama yang masuk dalam daftar teman.

Dengan penganturan ini tentu saja akan memberi keleluasan kepada pengguna Google+ kepada siapa akan memperlihatkan postingannya. Dengan circle anda dapat menambahkan teman tanpa harus menuggu confirmasi, namun jika ingin melihat postingan orang lain maka orang tesebut harus menambahkan anda sebagai temannya terlebih dahulu.

Namun bagaimana jika hanya anda sendiri yang memasukkan orang lain ke circle sedangkan orang lain tidak memasukkan anda ke circle? Maka jawabannya, anda hanya akan dapat meperlihatkan postingan anda ke orang tersebut dan tidak berlaku sebaliknya.

+1 adalah fitur di google+ yang fungsinya serupa dengan fungsi like dalam facebook

Huddle
Dengan Huddle anda dapat manuliskan pesan instan ke group teman anda

Private Message
Buat anda yang ingin mengirimkan pesan pribadi cukup tulis pesan pada stream dan atur agar dapat dilihat oleh satu orang saja.

Photo dan Video Sharing
Unggah poto dan edit langsung sebelum dibagikan, tapi sayang karena masih dalam percobaan sehingga fitur edit ini belum bisa digunakan. Sedangkan untuk mengunggah video anda dapat memilih berkas video dari komputer atau memasukkan alamat tautan dari youtube.

Hangout
Dengan hangout anda dapat memulai obrolan dengan group baik dengan obrolan teks maupun obrolan video.

Sparks
Gunakan sparks untuk menerima aliran kabar berita (feed) dari internet sesuai dengan minat atau hobi yang anda pilih.

Itulah beberpaa fitur yang dimiliki oleh google+, dan untuk postingan berikutnya saya akan kembali mengulas seputaran Google+ maka tetap kunjungi blog ini.




0 comments: