May 11, 2011

Cara Membuat Blog dengan Blogger.com

Free-DotCom – Halo buat pembaca Free-DotCom, berikut ini saya akan mengulas tuntas mengenai cara membuat Blog dengan Blogspot.com atau Blogger.com hee..sebenarnya sama saja. Ini dia langkah-langkah yang harus pembaca ikuti:

  1. Pada address browser anda ketik http://www.blogger.com atau bisa click disini
  2. Setelah itu klik CREATE YOUR BLOG NOW.
  3. Tunggu sampai muncul tampilan FORM nya, kalau sudah muncul isikan seperti berikut ini

- Email address => di isi dengan alamat email kita (harus menggunakan alamat email dengan gmail.com).

- Enter a Password => di isi password anda

- Retype Password => di isi dengan password yang sama dengan yang di atas.

- Display Name => di isi dengan nama kita (ini akan ditampilkan pada blog anda nantinya)

- Word Verification => isi persis sama dengan tulisan yang diatasnya, huruf besar ditulis dengan huruf besar dan sebaliknya.

4. Klik/centang pada “I Agree the Term Service”.

5. Setelah itu tekan tombol Continue.

6. Selanjutnya muncul tampilan seperti berikut ini:

7. Blog Title => di isi dengan judul dari blog kita, posisinya ada pada header (bagian atas blog/pada bagian atas browser anda)

8. Blog Address (URL) => untuk ini bisa anda buat sendiri, misalnya seperti punya saya http://free-DotCom.blogspot.com. URLnya masukkan free-dotcom pada input text, anda bisa menentukan senndiri nama apa yang akan pembaca gunakan sebagai URL untuk blog pembaca.

9. Word Verification => anda isi persis sama dengan kata yang ditampilkan dibawahnya, karena kalau salah tidak akan bisa melanjutkan kelangkah berikutnya.

10. Jika semua sudah benar anda akan melihat seperti pada tampilan berikut ini:

11. Sekarang kita memilih template yang disediakan oleh Google, tapi ada baiknya kita mem-review dulu template tersebut sesuai dengan keinginan sebelum melanjutkan kelangkah berikutnya.

12. Jika sudah cocok dengan templatenya tinggal di klik Continue.

Nah sekarang selesai sudah dan blog sudah anda miliki, langkah selanjutnya anda tekan tombol Start Posting, untuk melakukan posting pada blog anda untuk pertama kalinya.

Kalau ada masalah dalam pembuatan blog ini bisa pembaca sampaikan lewat pesan komentar pada artikel ini, nanti kita bisa diskusikan bersama atau kalau ada kesalahan penulisan atau langkah-langkah yang saya tulis.

Sukses buat pembaca semua - Free-DotCom

0 comments: